15 Desember 2008

Menjalankan Visual Basic di LINUX

Bagaimana untuk menjalankan program visual basic di linux?? untuk memulainya kalian harus menginstall Wine di sypnatic setelah terinstall baru kemudian masuk ke setting wine dengan masuk ke wine configuration kemudian ikuti langkah berikut

1. Salin riched20.dll, riched32.dll, urlmon.dll, oleaut32.dll, dan hhctrl.ocx dari direktori system32 di windows xp kemudian paste di direktori wine system32 yang ada di linux tersebut.

2. Dalam dialog konfigurasi wine, di bawah tab libraries, setting files yang ada di menu native dengan meng-Add file berikut :

hhctrl.ocx

oleaut32

riched20

riched32

urlmon

Dan ini untuk menetapkan builtin:

ole32

rpcrt4

3. Setting Windows emulation menjadi Windows ME

4. Run the installer normally, ignoring the OLE and Java error messages. Jalankan installer seperti biasa, abaikan OLE Java dan pesan kesalahan. Jika diinginkan, MSDN libraries juga dapat diinstal. Setelah instalasi, setting windows emulation kembali dari windows ME ke Windows XP.

5. Buka terminal dan browse ke direktori wine system32 ) kemudian Jalankan perintah berikut dalam consol linux : wine regsvr32 comcat.dll (ini akan memperbaiki VB6 OLE subsistem)

6. Setelah komponen sudah dimasukkan dan MSDN libraries telah terinstal. Proses Instalasi bisa dilaksanakan dengan masuk ke console kemudian ketik wine setup.exe dimana program visual basic berada.

Selamat mencoba semoga berhasil...

Tidak ada komentar: